Jakarta (OSPK MAN 9 Jakarta Timur) — OSPK MAN 9 Jakarta Timur dan Ekstrakurikuler ROHIS beserta kepanitiaan dari guru mengadakan perayaan hari raya Idul Adha 1445 H, Rabu (19/6), di lingkungan MAN 9 Jakarta Timur. Perayaan hari raya Idul Adha ini bertujuan sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah Swt. serta membantu sesama umat muslim yang membutuhkan.

Kurban adalah ibadah yang diperintahkan dalam Islam dan dilaksanakan setiap tahun pada Hari Raya Idul Adha. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Kautsar ayat 1-2, secara langsung Allah Swt. memberikan perintah agama (syari’at) di dalam kitab-Nya yang suci, bahwa umat-Nya diwajibkan untuk melaksanakan ibadah penyembelihan qurban. Sejalan dengan tujuannya, kewajiban ini berlaku bagi hamba-hamba-Nya yang telah dilimpahkan rezeki untuk membagi rezekinya kepada saudara-saudara lain yang kurang mampu (dhuafa).

Ibadah kurban yang diperintahkan kepada umat Nabi Muhammad adalah ibadah yang mengacu pada kurban Nabi Ibrahim as. Perintah mengurbankan anak yang dicintainya, yaitu Nabi Ismail as., yang kemudian Allah gantikan dengan seekor domba adalah salah satu bukti ketaatan Nabi Ibrahim as. dalam menjalankan perintah Allah Swt.

Rasulullah saw. bersabda, “Tidak ada satu amalan yang paling dicintai Allah dari Bani Adam ketika Hari Raya Idul Adha selain menyembelih hewan kurban. Sesungguhnya hewan kurban itu kelak pada Hari Kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulunya, dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah kurban itu menyentuh tanah, pahalanya telah diterima di sisi Allah Swt. Maka, beruntunglah kalian semua dengan pahala kurban itu.” (HR Tirmidzi, Ibnu Majjah, dan Hakim).

Dalam rangka Hari Raya Idul Adha serta memperkuat iman dan ketakwaan, MAN 9 Jakarta Timur mengadakan kegiatan penyembelihan hewan kurban. Jumlah hewan kurban yaitu sebanyak 3 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa/i, GTK, Komite, serta wali murid MAN 9 Jakarta Timur.

Panitia Kurban menyelenggarakan kegiatan pemotongan hewan kurban secara bersama-sama dengan susunan acara:

  1. apel pembukaan;
  2. pembacaan ayat suci Al-Qur’an;
  3. amanat pembina apel;
  4. laporan ketua pelaksana;
  5. do’a
  6. simbolis penyerahan hewan kurban;
  7. penyembelihan hewan kurban;
  8. pemotongan hewan kurban;
  9. penimbangan dan pembungkusan daging hewan kurban;
  10. makan bersama;
  11. distribusi daging hewan kurban kepada warga sekitar MAN 9 Jakarta Timur

“Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji hanya bagi Allah Swt. yang telah memberikan kita kesempatan untuk melaksanakan ibadah kurban pada hari Rabu,19 Juni 2024″‘ tutur Fatih, Ketua Panitia.

“Dengan berakhirnya rangkaian acara kurban ini, sepatutnya kita bersama-sama mengucapkan syukur kepada Allah Swt. atas segala nikmat dan karunia-Nya”, lanjut Fatih. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan acara ini, mulai dari panitia, para donatur, dan seluruh masyarakat yang turut serta dalam pelaksanaan kurban”, tambahnya.

“Semoga ibadah kurban kita diterima oleh Allah Swt. dan membawa keberkahan serta manfaat bagi kita semua, terutama bagi saudara-saudara kita yang menerima daging kurban”, Fatih menyampaikan harapannya di akhir sesi wawancara dengan tim Publikasi dan Dokumentasi.

Related posts