Jakarta (Humas MAN 9 Jakarta) — Humas MAN 9 Jakarta mengadakan pelatihan pengelolaan web bagi pengurus OSIS dan MPK, Jum’at (16/2), di Lab Komputer MAN 9 Jakarta Timur. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan kepaga OSIS dan MPK agar dapat mempublikasi prestasi atau karya peserta didik  kepada masyarakat luas.

Catur Yoga Meiningdias, guru IT MAN 9 Jakarta yang merupakan super admin sekaligus pakar IT yang tidak diragukan lagi kompetensinya, melatih langsung pengurus OSIS dan MPK. Lima peserta pelatihan mengikuti acara ini. OSIS Departemen Iptek diwakikan oleh Fathir Rachman Wicaksono (XI-B), Adhwa Misyka El Haya (X-D) , dan Raivand Fakhrizal (X-D). MPK Komisi IT diwakilkan oleh Muhammad Rasya Islami (X-D) dan Fikria Jawna (X-E). Sunarya, Pembina OSIS turut mendampingi pelatihan ini.

Peserta pelatihan langsung mempraktikkan cara menulis berita di web dan bagaimana pengelolaannya sampai bisa publish. Super admin membuatkan akun khusus untuk OSIS dan MPK. “Nanti akan dilihat akun mana yang paling banyak membuat berita”, jelas Yoga. “Jika OSIS dan MPK konsisten mempublish berita atau artikel, kalian bisa membuat web sendiri dengan domain MAN 9”, tambahnya. Lebih lanjut lagi Yoga menyampaikan bahwa kolaborasi dibutuhkan untuk pengelolaan web ini. Ekskul jurnalistik, literasi, dan fotografi bisa turut berkolaborasi.

Tinia, Wakahumas menyampaikan dalam sambutannya, “Web MAN 9 sudah lama tidak ada yang menggarap. Semoga dengan adanya pelatihan ini, web akan betul-betul menjadi wadah untuk menyalurkan aspirasi peserta didik. Karena memang hampir semua prestasi dan kegiatan madrasah diwarnai oleh peserta didik”. Lanjutnya lagi, “Semoga ke depannya web MAN 9 bisa lebih meriah, berwarna, dan menjadi penyampai branding MAN 9 kepada masyarakat.”/TLSA

 

Related posts