Jakarta (Humas MAN 9 Jakarta) — Sebanyak 40 orang dari parlemen Arab Asia mengunjungi MAN 9 Jakarta Timur untuk melihat kegiatan ekstrakurikuler PIK-R (Pusat Informasi Konseling Remaja) Expression pada Kamis (2/3). Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan “Arab-Asian Parliamenterians Meeting to Follow-Up on ICPD25 Commitments: Addressing Youth Empowerment and Gender-Based Violence” di Jakarta yang digelar Indonesian Forum of Parliamentarian on Population and Development (IFPPD) bekerjasama dengan BKKBN dan United Nations Population Fund (UNFPA) Indonesia.

Di antara rombongan terlihat Slamet Abadi, Kabid Penmad, beserta Jumanto (Subkoordinator Seksi Guru) dan Viola Cempaka (Subkoordinator Tendik) turut hadir, begitu pula dengan Kepala Kankemenag Kota Jakarta Timur, Zulkarnain, beserta jajarannya. Beberapa perwakilan dari Sudin Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP), BKKBN, UNFPA, dan perwakilan dari Kantor Kelurahan Pondok Bambu juga terlihat dalam rombongan.

PIK-R Expression MAN 9 Jakarta Timur terpilih menjadi salah satu objek observasi bagi para anggota parlemen untuk lebih memahami isu pemberdayaan remaja dan kekerasan berbasis gender, khususnya di sekolah Islam.

Rombongan disambut dengan hadroh dan pengalungan cukin, selendang khas Betawi bernuansa ondel-ondel. Kunjungan Parlemen Arab Asia di MAN 9 diawali dengan penyambutan Tari Saman dan dilanjutkan dengan pembukaan acara di Aula MAN 9 Jakarta. Pembawa acara yang bertugas yaitu Nassa Banaranti dan Daffa Khairul Ammar.

Pembacaan Al-Qur’an dibawakan oleh Muhammad Rizkiya Pratama. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Madrasah Aliyah Negeri 9 Jakarta, Rifqiati.

Dalam sambutannya Rifqiati menyampaikan, “Masa remaja merupakan masa transisi yang sangat penting bagi anak-anak menyiapkan masa depannya. Dengan support dari Dinas dan Kementerian Agama, alhamdulillah PIK-R Expression hadir memberikan banyak manfaat untuk peserta didik kami.”

Rifqiati juga menyampaikan rasa bangganya karena PIK-R Expression MAN 9 telah menorehkan banyak prestasi setiap tahunnya. Di antaranya prestasi yang diraih oleh Muhammad Maldy Rais (Juara 1 Putra Duta Genre Jakarta Timur 2020), Rayhan Rizky Putra (Juara 1 Putra Duta Genre Jakarta Timur 2021), dan Alisa Azra Lathifah (Juara 3 Putri Duta Genre Jakarta Timur 2022).

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Yulia Dwi Rakhmawati, anggota Forum GenRe (Generasi Berencana) Indonesia – DKI Jakarta. Yulia menyampaikan penjelasan mengenai Program GenRe. “Generasi Berencana merupakan program yang dikembangkan oleh BKKBN dalam rangka Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR) melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP),” sampai Yulia.

Selain penyampaian mengenai Program GenRe, terdapat juga penjelasan mengenai PIK Remaja serta penjelasan mengenai Profil PIK-R Expression yang dipaparkan oleh Manda Hasifa Maharani. “PIK Remaja adalah suatu wadah kegiatan program GenRe dalam rangka penyiapan masa depan bagi remaja yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja,” ujar Manda Hasifa.

Setelah penyampaian penjelasan mengenai Forum GenRe dan PIK Remaja, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh MC acara dan diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Syaifulloh, guru Bahasa Inggris MAN 9 Jakarta.

Acara selanjutnya berlangsung di aula ruang kelas dengan permainan implementasi Modul “Tentang Kita: Beraksi”. Anggota PIK-R Expression bersama Duta GenRe DKI Jakarta memainkan 2 jenis permainan, yaitu, Ular Tangga GenRe dan Gender vs Jenis Kelamin. Beberapa anggota parlemen aktif terlibat dalam permainan. Sesi foto di masjid menutup kunjungan di lantai dua. Rombongan berpindah ke ruang sekretariat PIK-R Expression dan terakhir berkunjung ke ruang BK yang menjadi tempat konseling siswa-siswi MAN 9 Jakarta. Kepulangan para tamu parlemen Arab-Asia kembali diiringi dengan tim Hadroh.

“Saya merasa sangat bangga kepada anggota PIK-R Expression karena berkat konsistensinya, PIK-R MAN 9 selalu menorehkan prestasi hingga dilirik sebagai objek kunjungan oleh Parlemen Arab Asia. Semoga dari kunjungan ini  PIK-R Expression MAN 9 bisa lebih dikenal dan memberikan manfaat tidak hanya secara nasional tapi juga internasional,” tutur Murni Setyasih selaku Pembina PIK-R kepada tim Humas di akhir sesi wawancara./UAR & Tim PIK-R../UAR & Tim PIR-R.

 

 

 

Related posts