Jakarta (Humas MAN 9 Jakarta) — Seluruh peserta didik kelas X MAN 9 Jakarta Timur mengikuti kegiatan outing class ke Kota Kembang Bandung Jawa Barat, Selasa (17/1). Kegiatan diikuti oleh sebanyak 215 peserta didik dan 19 GTK serta perwakilan komite. Dua tempat yang dikunjungi rombongan yaitu Balitsa (Balai Penelitian Tanaman Sayuran) dan GAA (Great Asia Africa). Kegiatan ini bertujuan untuk menyelaraskan ilmu-ilmu yang sudah dipelajari di sekolah dengan fakta yang ada di lapangan. Kegiatan berlangsung dari pukul 05.30 dan kembali ke sekolah pukul 21.30 WIB.

Destinasi pertama yang dikunjungi adalah Balitsa. Dalam sambutannya, Widi Wiratmoko, pihak Balitsa menyampaikan,  “MAN 9 menjadi salah satu bagian sejarah sebelum Balitsa berganti nama menjadi Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Tanaman Sayuran. Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok setelah pemutaran video dan pengarahan, kemudian dilanjutkan kunjungan lapang.”

Peserta didik melakukan praktik menanam cabai dalam polybag dan hasilnya diperkenankan dibawa pulang. “Seluruh peserta terlihat sangat antusias belajar tentang tanaman hias dan sayuran sembari mereka mendokumentasikannya dalam bentuk video pendek sebagai hasil dari karya ilmiah yang akan mereka kumpulkan,” ujar Desridha, salah satu wali kelas X.

Rifqiati selaku Kepala MAN 9 Jakarta Timur yang juga turut mendampingi kegiatan outing class ini juga berpesan kepada seluruh peserta didik untuk tetap menjaga ketertiban dan menggali ilmu sebanyak-banyaknya selama kegiatan outing class ini berlangsung.

Destinasi kedua yang dituju adalah Great Asia Africa dimana peserta didik bisa mengetahui pesona keindahan arsitektur dan budaya yang ada di kawasan Asia dan Afrika dalam satu kawasan. Sebelum ke GAA rombongan berhenti untuk makan siang dan mampir ke pusat oleh-oleh. 

“Kegiatan outing class bertujuan untuk menyelaraskan ilmu yang didapat di sekolah dengan aplikasi di lapangan. Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar meskipun sempat diguyur gerimis saat memasuki kawasan GAA. Anak-anak juga terlihat sangat antusias dan senang mengikuti kegiatan ini”, ucap Erliana selaku ketua panitia outing class./dz

 

Written by 

Related posts

Leave a Comment