Jakarta (Humas MAN 9 Jakarta) — Senin (16/1) anggota PMR (Palang Merah Remaja) MAN 9 Jakarta bekerja sama dengan PMI Jakarta Timur menyelenggarakan kegiatan Donor Darah. Giat ini berlangsung dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 14.00 WIB, bertempat di aula madrasah.

“Alhamdulillah acara berlangsung lancar. Sehari sebelum acara, hanya 15 orang yang mengisi Google Form. Di hari H, kantung darah yang disiapkan PMI sebanyak 100 buah terisi semua. Bahkan ada beberapa yang tidak bisa dilayani karena kantung sudah habis,” ujar Maryam, pembina PMR. “Kegiatan donor darah ini cukup lama tidak diselenggarakan di MAN 9 Jakarta, dikarenakan Pandemi. Tahun-tahun sebelumnya donor darah rutin dilakukan setiap tahun, Maryam menambahkan.

Peserta donor darah terdiri dari guru dan karyawan, siswa/i yang telah berusia 17 tahun, pengurus komite dan orang tua siswa, juga alumni. Petugas dari PMI terdiri dari 1 orang dokter, 2 orang petugas donor darah, 3 orang admin PMI, dan 2 orang supir, turut membantu pelaksanaan donor darah.

“Setelah donor, kami diberi susu, jus, dan wafer. Tidak semua peserta dizinkan untuk mendonorkan darahnya. Setelah mengisi administrasi dan diperiksa oleh dokter, baru akan ketahuan apakah peserta dapat mendonorkan darahnya atau tidak,” tutur Siti Aminah, ketua PMR. “Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang telah direncanakan dengan sebagaimana mestinya,” imbuh Siti Aminah.

Donor darah sangat bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan, di antaranya untuk ibu pasca-melahirkan, pasien kecelakaan, pasien cuci darah, pasien kanker, dan masih banyak lainnya. Bagi pendonor yang menyumbangkan darahnya, juga banyak manfaat, di antaranya membakar kalori dan meningkatkan produksi darah./sa

 

Written by 

Related posts

Leave a Comment