Jakarta (Humas MAN 9 Jakarta) — Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 9 Jakarta menyabet satu gelar dalam kategori Madrasah Digital Terbaik. MAN 9 memperoleh predikat “Terbaik 3”, setelah MAN 2 Jakarta Timur dan MA Pembangunan UIN Jakarta Selatan, Rabu (4/1) dalam acara JMDA (Jakarta Madrasah Digital Awards). Kepala MAN 9 Jakarta, Rifqiati, menerima langsung penghargaan tersebut.

Ajang JMDA diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) DKI Jakarta dalam rangka memperingati HAB (Hari Amal Bakti) Kemenag ke-77. Kanwil Kemenag bekerja sama dengan IDN (Infradigital Nusantara) menyelenggarakan acara JMDA pada 4 Januari 2023, beberapa hari silam. Acara ini dihadiri oleh Koordinator Staf Khusus Menteri Agama Republik Indonesia yaitu Abdul Rochman, Muhammad Ali Ramdani selaku Dirjen Pendidikan Islam, Warsito selaku Deputi Bidang Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Menko PMK, serta Cecep Khairul Anwar selaku Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta.

Visitasi penilaian dilaksanakan di penghujung tahun 2022, yaitu pada tanggal 30 Desember 2022. “Unsur yang dinilai dalam JMDA di antaranya adalah layanan digital yang berisi Website, Presensi Siswa, E-Learning Madrasah, CBT, Raport Digital Madrasah (RDM), Pilketos (Pemilihan Ketua OSIS), PPDB Mandiri, Perpustakaan Madrasah, PTSP Madrasah, dan Aduan Masyarakat”, ujar Rifqiati, Kepaa MAN 9 Jakarta. “Unsur penilaian lainnya yaitu kelengkapan dalam aplikasi IDN yang berisi data siswa dan GTK, layanan perpustakaan digital, dan medsos”, tambah Rifqiati.

Layanan digital MAN 9 dibangun dan dikembangkan oleh Catur Yoga Meiningdias, guru TIK MAN 9, didampingi oleh Salahudin El Fitri, Wakil Kepala Bidang Akademik. Operator IDN dipegang oleh Azizah, staf Tata Usaha didukung oleh seluruh wali kelas X. Operator bekerja sama dengan siswa dan GTK mengisi dan memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat di dalam IDN.

Lebih lanjut Rifqiati memaparkan, “Perpustakaan digital MAN 9 juga termasuk poin penilaian. Perpustakaan Darul Ilmi dipimpin oleh Bapak H. M. Ridwan. Staf perpustakaan, Lily tercatat sudah menginput 250 judul buku masuk ke aplikasi perpustakaan yang diakomodir oleh Pak Catur Yoga. Penilaian lainnya yakni media sosial, yang dipegang oleh Tim Humas MAN 9 Jakarta. Bu Tinia sebagai Wakil Kepala Humas mengusahakan untuk selalu berkoordinasi dengan tim dan menyiapkan presentasi media sosial”.

Catur Yoga Meiningdias, Guru TIK dan perancang digitalisasi di MAN 9 Jakarta menyampaikan bahwa MAN 9 memulai fokus di Madrasah Digital sejak tahun 2007 dan tahun 2008 MAN 9 mendapatkan Elearning Award juara III Nasional dari Pustekkom Jardiknas. Tahun 2009 Google Workspace for Education mulai diterapkan di MAN 9.

Tahun demi tahun, tahap demi tahap, MAN 9 terus berupaya mengembangkan digitalisasi di semua bidang, sesuai dengan kebutuhan. Tujuannya sederhana, untuk mempermudah pekerjaan dan dapat dijangkau luas oleh keluarga besar MAN 9, juga mengurangi sampah, khususnya kertas.

Terdapat catatan dari Kepala Bidang dan Sub-Koordinator Kanwil terkait website  MAN 9 yang kurang aktif, walaupun dari platform medsos lain aktif. Di awal tahun 2023 ini, Tim Humas mempunyai resolusi untuk kembali aktif dalam setiap lini sosial media, dan mengupload berita-berita terkini yang berkaitan dengan MAN 9 Jakarta.

“Jum’at lalu (6/1) Tim Humas telah mengadakan rapat kerja terkait pengelolaan kehumasan. Dengan adanya penghargaan dan evaluasi dari giat JMDA 2022, kami berusaha menata tim dan mengambil momentum ini untuk lebih merapikan kinerja dan berkarya demi MAN 9,” tutur Tinia, Wakahumas MAN 9. Hal ini memacu semangat yang lebih dari seluruh elemen MAN 9 Jakarta untuk dapat lebih inovatif dan berkembang dalam hal pengintegrasian digitalisasi di seluruh kegiatan MAN 9 Jakarta.

Muhammad Ali Ramdhani juga mengatakan digital menjadi bagian inti dari mutu pendidikan. Sementara CEO Infradigital, Ian McKenna menjelaskan bahwa terdapat 1.616 madrasah atau sekitar 88 persen dari seluruh madrasah di Jakarta, yang ikut berpartisipasi dalam webinar dan pelatihan dalam layanan digitalisasi program ini. Dalam hal ini, Kementerian Agama mencoba lebih fokus pada pengintegrasian layanan digital pada satu aplikasi. Salah satunya dengan melalui program Jakarta Madrasah Digital Awards ini. Adapun harapannya adalah perkembangan digitalisasi dari madrasah-madrasah wilayah DKI Jakarta.

Berikut adalah daftar pemenang Jakarta Madrasah Digital Awards 2022:

RA Digital Terbaik

Terbaik 1         : RA Zamzam Rahmah, Jakarta Pusat

Terbaik 2         : RA Darul Ulum, Jakarta Selatan

Terbaik 3         : RA Al Adil, Jakarta Selatan

 

MI Digital Terbaik

Terbaik 1         : MI Pembangunan UIN, Jakarta Selatan

Terbaik 2         : MI Labs Riayatul Ummah, Jakarta Barat

Terbaik 3         : MI Pembangunan Yapiri, Jakarta Barat

MTs Digital Terbaik

Terbaik 1         : MTs Pembangunan UIN, Jakarta Selatan

Terbaik 2         : MTs Al Muhajirin Koja, Jakarta Utara

Terbaik 3         : MTsN 42, Jakarta Timur

MA Digital Terbaik

Terbaik 1         : MAN 2, Jakarta Timur

Terbaik 2         : MA Pembangunan UIN, Jakarta Selatan

Terbaik 3         : MAN 9, Jakarta Timur

Pemerataan Digital Terbaik                : Kemenag Kota Jakarta Selatan

Pemetaan Digitalisasi Terbaik            : Kemenag Kota Jakarta Timur

Pelatihan Digital Terbaik                   : Kemenag Kota Jakarta Selatan

Kampanye Digital Terbaik                 : Kemenag Kota Jakarta Utara

Pengawas Penggerak Digital Terbaik

Jenjang RA     : Eni Nuraeni (Jakarta Utara)

Jenjang MI      : Rusdah (Jakarta Timur)

Jenjang MTs   : Prihatini Hidayati (Jakarta Selatan)

Jenjang MA     : Siti Fathonah (Jakarta Selatan)

Pembelajaran Digital Terbaik

Jenjang RA     : RA Darul Hikmah, Jakarta Utara

Jenjang MI      : MI Pembangunan UIN, Jakarta Selatan

Jenjang MTs   : MTsN 42, Jakarta Timur

Jenjang MA     : MA Manarul Islam, Jakarta Selatan

Operator Digital Terbaik

Jenjang RA     : Andi Alamsyah dari RA Ar Ribath, Jakarta Timur

Jenjang MI      : Maulana Ishak dari MIS Al Hidayah, Jakarta Barat

Jenjang MTs   : Silvi Khaeroni dari MTsN 12, Jakarta Barat

Jenjang MA     : Arianni Aninndya dari Madrasah Aliyah Negeri 5, Jakarta Utara

Bendahara Digital Terbaik

Jenjang RA     : Nurjanah dari RA Darul Ulum SR, Jakarta Selatan

Jenjang MI      : Rineka Kumara Santikadewi dari MIS Labs Ri’ayatul Ummah, Jakarta Barat

Jenjang MTs   : Euis Martinasari dari MTs Al Muhajirin Koja, Jakarta Utara

Jenjang MA     : Maradona dari MA Pembangunan UIN, Jakarta Selatan

(Alf&TLSA)

Written by 

Related posts