Jakarta (Humas MAN 9 Jakarta) — Kerinduan akan kenangan istimewa terbayar sudah. Rabu, 25 Mei 2022 menjadi hari yang paling berkesan bagi Angkatan ke-29 MAN 9 Jakarta Timur, Verenigen DeuxNeuf. Bagaimana tidak? Hampir selama dua tahun mereka menjalani pembelajaran secara daring karena pandemi. Rasa jenuh, lelah bahkan stres harus mereka lalui demi menyelesaikan studi di MAN 9 Jakarta Timur.

Haflah Akhirussanah kelas XII MAN 9 Jakarta Timur berhasil digelar pada hari itu, dan menjadi giat haflah pertama setelah pandemi. Giat ini merupakan kerja sama komite madrasah bersama guru dan tenaga kependidikan. Diselenggarakan dengan memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Mengusung tema “Generasi Tangguh,  Kreatif dan Berprestasi”,  bertempat di Ballroom Krakatau Hotel Horison Bekasi, haflah akhirussanah diikuti oleh 213 siswa lulusan tahun 2022 terdiri dari jurusan Keagamaan sebanyak 37 siswa, MIPA 105 siswa, IPS 71 siswa, guru dan tenaga kependidikan MAN 9 Jakarta Timur, orang tua siswa berprestasi akademik, serta panitia wisuda dari  Komite MAN 9 Jakarta Timur.

Kirab  peserta memasuki ruangan menjadi tanda acara akan dimulai. Setelah  mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Hymne Madrasah dan Mars MAN 9 Jakarta Timur, ditasmi’kan Ayat Suci Al-Qur’an Surat Al Kahfi ayat 13–5  oleh Faiz Fadhilah siswa dari kelas XI.

Tak lupa dipanjatkan doa, memohon kemaslahatan giat untuk mencapai puncak ketaqwaan dan menjauhkan dari fitnah, dosa serta maksiat. Doa untuk para lulusan agar memperoleh kesuksesan dalam hidup, terhindar dari menjadi orang yang menderita dan sengsara, menjadi orang yang alim dalam ilmu, terdepan dalam kebaika, serta terhindar dari bagian pembuatan kejahatan dan kerusakan.

Sebagai selingan, tim tari kelas XI IPS 1 mempersembahkan tarian Kecak Barong, sebuah tari kreasi bernapaskan budaya Bali. Penampilan ini mampu menyegarkan suasana pagi melalui gerakan-gerakan menawan yang dibawakan oleh tujuh orang penari putra.

Dalam sambutannya, Kepala MAN 9 Jakarta Timur yang baru dilantik, Rifqiati mengingatkan kepada calon wisudawan, “Kelulusan ini merupakan langkah awal perjuangan sebagai orang dewasa”. Lebih lanjut Rifqiati berpesan dengan mengutip isi doa yang telah dipanjatkan, “Jadilah lulusan yang istimewa, bersih dari dosa. dengan menjaga nama baik almamater, orang tua, guru tenaga kependidikan. Dan tentu saja nama baik diri mereka sendiri.”

Tak lupa juga disampaikan rasa terima kasih kepada Yessy Anwar selaku kepala MAN 9 Jakarta Timur  periode 2016–2022, komite, guru dan tenaga kependidikan yang telah mengawal dan mendoakan keberhasilan mereka dalam menyelesaikan masa studi di MAN 9 Jakarta Timur.

Ada yang berbeda pada haflah akhirussanah kali ini, yaitu siswa lulusan hadir tanpa didampingi orang tua. Ini karena aturan yang diterapkan manajemen hotel untuk tetap menjaga kedisiplinan pelaksanaan kegiatan berlandaskan protokol kesehatan. Dalam hal ini jumlah peserta yang diizinkan sebanyak 50% dari total kapasitas ruangan.

Namun demikian, para orang tua dapat menyaksikan rangkaian acara secara daring melalui live streaming YouTube. Meskipun belum sempurna, tetapi pelaksana streaming patut diapresiasi.  Mereka berasal dari siswa kelas X  dan kelas XI yang menyumbangkan waktu, tenaga dan pikirannya, untuk menyukseskan hajat kakak kelasnya juga memenuhi keinginan orang tua wisudawan menyaksikan dari tempat aktivitas masing-masing.

Dipandu MC potensial Novia Alya (kelas X) dan Naufal (kelas XI), acara berjalan lancar dan apik. Improvisasi yang mereka sajikan mampu menghidupkan suasana dan melengkapi keceriaan saat itu.

Seribu langkah dimulai dari langkah pertama. Berharap pasca terselenggaranya haflah kali ini tumbuh semangat  dan motivasi   bagi seluruh sivitas akademik.  Khususnya bagi siswa angkatan berikutnya untuk berani mencoba hal baru dalam hal meningkatkan potensi dan kreativitas, serta prestasi-prestasi yang gemilang./SR

Jakarta, 25 Mei 2022

Related posts