Jakarta (Humas MAN 9 Jakarta) — Senin (10/1), Petugas Puskesmas Pondok Bambu I, diwakili oleh Oktafian Purba dan Erika, melakukan monitoring prokes PTMT 100% di MAN 9. Monitoring dilakukan pukul 10.00 sampai selesai. Puskesmas memiliki tanggung jawab melakukan pengawasan dan pembinaan penerapan protokol kesehatan di satuan Pendidikan.

Petugas Puskesmas memantau seluruh ruang dan setiap sisi terbuka yang ada di MAN. Hanif Fakri, Kepala TU MAN turut mendampingi tim monitoring. “Ada tiga poin yang menjadi catatan evaluasi bagi madrasah, yaitu masih ditemukannya jentik nyamuk di kolam ikan tidak terpakai, ditemukannya beberapa engsel jendela yang perlu diperbaiki, dan kebersihan kantin yang tidak digunakan”, ujar Hanif menyampaikan hasil evaluasi.

“Secara umum MAN 9 sudah baik dalam penerapan prokes pada PTM ini. Sekolah sangat bersih dan siswa tertib mengikuti protokol yang diterapkan,” tutur Okta kepada Yessy, Kamad MAN 9. “Dari beberapak kali pemantauan, terus ada peningkatan dalam penerapan prokes”, tambahnya.

Pihak Puskesmas kerap melakukan monitoring dan pembinaan sejak lama. Pembinaan yang dilakukan seperti skrining kesehatan, sosialisasi TTD (Tablet Tambah Darah), pelatihan, dan seminar. Bahkan tim Satgas Covid-19 MAN 9 juga salah satu unsurnya dari Puskesmas Duret Sawit, yang berlokasi sekitar 100 meter dari madrasah.

“Puskesmas menyampaikan apresiasinya kepada MAN 9, karena mulai dari gerbang, berbagai protokol kesehatan telah diterapkan. Setiap tamu diwajibkan mengukur suhu, melakukan scan QR Code PeduliLindungi, dan mencuci tangan dengan air mengalir”, Yessy menyampaikan apresiasi pihak Puskesmas kepada Tim Humas MAN 9. “MAN 9 berusaha menjaga kebersihan dan menerapkan prokes, sehingga seluruh warga MAN 9 merasa  nyaman melakukan aktivitas di madrasah”, imbuh Yessy.

Selepas kegiatan monitoring, Waka Sarpras langsung menyampaikan evaluasi dari Puskesmas kepada Caraka, dan berkordinasi dengan Kamad, sehingga catatan tersebut segera ditindak lanjut dan pada kegiatan monitoring berikutnya tidak ditemukan lagi kondisi serupa,/TLSA

 

Related posts