Jakarta (Humas MAN 9) — Selasa (22/02) pukul 14.00 – 15.30 WIB, MAN 9 Jakarta mengadakan seminar online yang bertajuk “Membangun Budaya Riset di Madrasah”. Seminar digelar dengan memanfaatkan platform Google Meet. Dr. Baiq Hana Susanti, dosen UIN Jakarta, didaulat mejadi narasumber pada kegiatan ini. Tujuan diselenggarakannya seminar adalah dalam rangka mendukung kebijakan Kementerian Agama RI untuk menerapkan budaya riset sejak dini dan persiapan menyambut ajang MYRESC (Madrasah Young Researcher Super Camp) 2021.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan seminar ini. Sangat penting menanamkan budaya riset sejak dini khususnya di madrasah. Semoga awal yang baik ini dapat melahirkan siswa-siswi lulusan MAN 9 Jakarta yang kritis dan berbudaya riset sehingga menjadi madrasah unggulan di bidang riset sesuai PMA No 60 tahun 2015,” papar Yessi Anwar, Kepala MAN 9 Jakarta dalam sambutannya.

Baiq, narasumber seminar, merupakan salah satu dosen UIN Syayrif Hidayatullah Jakarta dan CO-Founder of Artificial Intelligence Center Indonesia. Seminar umum dihadiri sebanyak 67 peserta, di antaranya siswa-siswi yang akan mengikuti kompetisi Myresc, juga serta jajaran pejabat dan guru-guru pembina riset. Guru Pembina Myresc dibedakan sesuai bidang kompetisinya, yaitu bidang Sains, Sosial Humaniora (Soshum), dan Keagamaan. Baiq membekali peserta seminar dengan strategi bagaimana “Langkah-langkah dan Metode dalam Penelitian” serta “Kiat Umum Merancang Proposal Penelitian yang Kompetitif”.

“Narasumber sangat menguasai bidangnya, sehingga peserta terlihat antusias. Bahkan acara sedikit lewat dari waktu yang ditentukan,” tutur Natalia, Wakasarpras yang juga diberi amanah sebagai penanggung jawab bidang Myresc. “Kami mendesain seminar ini dengan sebaik mungkin, seperti webinar-webinar yang biasa dilaksanakan di taraf nasional. Panitia berbagi tugas, mulai dari membuat flyer cantik untuk dipublikasikan, menyusun rundown, juga ada yang bertugas menjadi pembawa acara dan moderator,” imbuh Natalia.

Bertugas sebagai pembawa acara dalam seminar yaitu Umu Arifah R., S.Pd.I, sedangkan Arif Rahmat Akbar, S.Sos., M.Pd, bertindak sebagai moderator. “Dengan diadakannya seminar umum ini, diharapkan dapat memotivasi siswa-siswi MAN 9 Jakarta, khususnya peserta yang akan mengikuti ajang kompetisi riset tingkat nasional yakni MYRESC. Seminar ini juga menunjukkan keseriusan MAN 9 untuk berupaya memenuhi target yang dituangkan dalam kontrak prestasi MAN 9,” Yessy menyampaikan harapannya saat menutup acara seminar./IN

Related posts