Jakarta (Humas MAN 9) — Senin-Jumat (14-25/9), sesuai dengan Kalender Pendidikan MAN 9 Jakarta mulai dilaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) Ganjil TP. 2020/2021. Pelaksanaan PTS Ganjil disetting 1 hari 3 mata pelajaran, dengan pembagian: sesi 1 pukul 07.00-08.00, sesi 2 pukul 09.00 s.d 10.00, dan sesi 3 pukul 11.00-12.00.

“Dikarenakan masih dalam Pandemi Covid-19, maka pelaksanaan PTS dilaksanakan secara online melalui aplikasi E-Learning Madrasah’” tutur Arif Rahmat, anggota Tim SAM MAN 9 Jakarta. “Pelaksanaan PTS Ganjil ini sekaligus menandai bahwa sudah 6 bulan Pandemi Covid-19 melanda negara kita -khususnya wilayah DKI Jakarta- semenjak secara resmi kegiatan KBM disetting dalam bentuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada tanggal 16 Maret 2020 lalu,” tambahnya.

Salah seorang pengajar MAN 9, Irianti, mengatakan, “Di masa pandemi seperti sekarang ini seluruh kegiatan lebih banyak dilakukan di rumah, termasuk kegiatan belajar mengajar. Kegiatan PJJ bertujuan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tidak terkecuali juga MAN 9 yang melakukan PJJ atau siswa belajar secara daring, termasuk pelaksanaan PTS”.

Lebih lanjut Irianti menyampaikan, “Pembelajaran secara daring, juga PTS, dapat melatih atau meningkatkan kedisiplinan siswa, karena jika mereka tidak tepat waktu dalam mengikutinya, maka mereka tidak akan dapat mengerjakannya di luar waktu yang telah ditentukan. Semangat dan daya pikir serta daya juang siswa dalam memahami materi yang diujikan juga dapat terukur. Kreativitas para guru dalam meramu materi atau penilaian bagi para siswa juga dapat dilihat.

“PTS dilaksanakan untuk mengetahui keterukuran hasil belajar selama tengah semester ini. Berapa persen peserta didik dapat menyerap materi yang disampaikan guru-guru secara online. Hasil belajar ini akan menjadi masukan bagi pendidik agar menampilkan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan efektif,” papar Salahudin, Waka Bidang Akademik. “Hasil belajar setengah semester ini akan disampaikan kepada orangtua siswa, juga secara online dalam bentuk PDF, melalui Whatsapp,” imbuhnya.

Nilai hasil PTS akan digabung dengan nilai tugas, yang merupakan penilaian dari sisi pengetahuan. Nilai keterampilan juga ditampilkan sebagai bentuk rerata dari portfolio dan unjuk kerja. Nilai sikap siswa selama mengikuti PJJ juga dituangkan dalam laporan. Kesemua nilai tersebut dimasukkan ke dalam DNS (Daftar Nilai Siswa) yang dibuat oleh Tim SAM MAN 9 Jakarta./tlsa

Written by 

Related posts