You need to add a widget, row, or prebuilt layout before you’ll see anything here. 🙂

Peserta didik baru MAN 9 Jakarta mengikuti kegiatan Matsama secara daring (dalam jaringan) dengan platform Google Meet untuk vicon (video conference) dan Google Classroom untuk paparan beberapa materi.

Jakarta (Humas MAN 9) — Senin sampai Rabu (13-15/7), sebanyak 209 peserta didik baru MAN 9 Jakarta Tahun Pelajaran 2020/2021 mengikuti kegiatan pengenalan lingkungan sekolah (PLS) di lingkungan madrasah atau lebih dikenal dengan nama Matsama (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah). Matsama dilaksanakan dari pukul 07.00 – 12.00 WIB. Komposisi peserta didik perempuan berjumlah 124, dan lali-laki sebanyak 85 orang. Matsama dilaksanakan secara online atau daring dengan menggunakan platfor Google Meet untuk tatap muka, dan Google Classroom untuk paparan beberapa materi dan penugasan.

“Matsama sangat penting dilaksanakan karena peserta didik masuk dalam lingkungan yang baru maka banyak hal yang belum diketahui tentang lingkungan barunya dan sekolah juga belum mengenal peserta didik yang menjadi siswa di sekolahnya,” papar Yessy Anwar, Kepala MAN 9 Jakarta, dalam sambutannya di acara Pembukaan Matsama. “Jadi walaupun kondisi pandemik, kegiatan ini tetap dilaksanakan, dengan bentuk yang berbeda,” imbuhnya.

Yessy juga mengajak peserta didik baru untuk mewujudkan tag line MAN 9 Jakarta yaitu: Prestasi, harga diri; mengukir prestasi, jati diri. “Buatlah visi pribadi kalian dalam rangka mengarahkan untuk masuk perguruan tinggi negeri setelah menyelesaikan pendidikan di MAN 9,” Yessy menambahkan.

Permendikbud nomor 18 tahun 2016 menjelaskan tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru. Tujuan kegiatan Matsama antara lain untuk mengenal lingkungan, nilai dan karakter khusus madrasah kepada para peserta didik baru, menumbuhkan kultur, jiwa bangga, mencintai serta menjaga nama baik almamaternya dan menanamkan serta memperkuat nilai-nilai moderasi beragama dan karakter ke-Indonesiaa-an kepada peserta didik.

Kegiatan yang dikomandoi oleh Dwi Wahyudi ini diisi dengan berbagai kegiatan antara lain, Wawasan Wiyata Mandala yang disampaikan oleh Kepala MAN 9, paparan bidang akademik dan kesiswaan, karekter moderasi beragama dan kebangsaan, profil MAN 9 dan alumninya, juga materi tentang ekstrakurikuler.

“Vicon dengan Google Meet kami gunakan untuk acara pembukaan dan penutupan, paparan materi Kepala Madrasah dan OSIS. Untuk acara pembukaan dan paparan OSIS, kami juga melakukan live streaming di youtube MAN 9, sehingga orangtua dapat menyaksikan,” kata Dwi. “Vicon per kelas juga digunakan saat perkenalan dengan masing-masing wali kelas,” tambahnya.

“Di Google Classroom, peserta didik baru disajikan materi-materi berupa video, dan mereka membuat resume. Wali kelas dibantu panitia OSIS memberikan penilaian di sana,” Riher menjelaskan kepada Tim Humas. “Setelah menyaksikan video masing-masing ekskul, peserta didik memilih satu ekskul pilihan di samping ekskul wajib Pramuka melalui Google Form dalam Google Classroom,” ujarnya lebih lanjut.

Rusmanto, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan menyampaikan, “Para wali kelas beserta pengurus OSIS saling berkoordinasi sehingga kegiatan MATSAMA MAN 9 Jakarta dapat berjalan dengan baik dan lancar. Seluruh peserta didik baru MAN 9 Jakarta sangat antusias mengikuti kegiatan Matsama.”/dz

Related posts