Jakarta (Humas MAN 9) — Pekan akhir Januari sampai awal Februari 2019, menjelang masa berakhirnya  KBM kelas XII, seluruh siswa kelas XII akan menghadapi serangkaian ujian seperti ujian praktik, UAMBN USBN, dan UNBK. Mengawali rangkaian ujian, seluruh siswa kelas XII  melaksanakan ujian praktik. Mata pelajaran yang diujipraktikkan adalah bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Arab, Rumpun mapel IPA, Rumpun mapel Agama,  dan SBK.

“Mapel Bahasa Indonesia ujian praktiknya berupa bermain drama,” ujar Nurzanah, pengampu mapel Bahasa Indonesia. “Ujian dilaksanakan sesuai jam pelajaran di kelas. Ada yang dilaksanakan di kelas, ada juga yang di aula,” tambahnya.

Lebih lanjut lagi Nurzanah mengatakan, “Ujian praktik drama dilakukan secara berkelompok. Tema drama yang ditampilkan adalah cerita rakyat  antara lain, cerita Malin Kundang, Si Pitung, Timun Mas, Joko Kendil, Lutung Kasarung, dll”. Penilaian ujian meliputi dialog, kostum, properti, dan make up karakter.

Siswa terlihat bersemangat mempersiapkan penampilannya. Di koridor-koridor kelas mereka berlatih bersama kelompoknya, baik saat jam istirahat ataupun pulang sekolah.

“Sekolah tidak membuat jadwal khusus untuk ujian praktik, tetapi masuk ke dalam jam pembelajaran,” tutur Salahudin El Fitri menjelaskan. “Hal ini dilakukan untuk menyiasati padatnya jadwal try out dan ujian yang lebih maju dari tahun-tahun lalu”, imbuhnya.

Diharapkan melalui ujian praktik drama ini siswa dapat mengambil nilai pendidikan dan hikmah yang ada di dalam cerita rakyat dan dapat diimplikasikan dalam kehidupan sehari-hari./nz

Related posts