Jakarta (Humas MAN 9) – Kamis (31/01/19), 4 orang siswa/i didampingi 3 guru MAN 9 menghadiri acara Greenfest 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

“Keempat siswa yang hadir di Greefest 2019 yaitu Dodi Khaerudin, Firda NurApriani, dan Zakiah Aliffiani, kelas X MIPA 3, serta M. Amaludin kelas XI MIPA 3,” tutur Amal, ketua Duta Adiwiyata. “Guru yang mendampingi adalah Ibu Tinia, Ibu Sri Rahayu, dan Ibu Maryam. Ketiganya adalah pembimbing Tim Adiwayata,” lanjutnya.

Festival yang diselenggarakan oleh BUMN tersebut bertujuan untuk menginspirasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia khususnya generasi millennial. Selain menginspirasi, acara tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan minat generasi millennial dalam mencetak inovasi baru di sektor pertanian/agriculture.

Sebelum memasuki ruang acara, peserta berbaris rapi untuk melakukan registrasi ulang setelah beberapa hari sebelumnya mendaftar online, untuk mendapatkan tiket, kupon makan dan goody bag. Suasana asri langsung menyambut peserta saat memasuki JCC. Hiasan pepohonan di sepanjang koridor memanjakan mata yang memandang.

Greenfest tahun ini bertemakan “Spirit of Millennials” yang berartikan semangat kepada para generasi Millenial. Selain seminar terdapat juga pameran dan workshop. terlihat beberapa set Hidroponik dan Aquaponik yang menghiasi acara itu. Terlihat juga tanaman obat keluarga (Toga) dan beberapa kerajinan tangan yang menghiasi beberapa stand pameran. Pameran turut dimeriahkan dengan games Kahoot dengan pertanyaan seputar dunia pertanian. Tiga peserta terbaik mendapat hadiah.

Greenfest juga dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko widodo serta Rini Soemarno selaku Menteri BUMN dan beberapa pembicara lain.

Dalam acara itu, Presiden sempat berdialog dengan beberapa anak muda milenial dan menggali ide dan gagasan mereka.

“Saya kira bagus, memberikan peluang agar ide-ide bisa ditindak lanjuti. Baik secara komersial, maupun riset,” kata Presiden setelah dialog dengan anak-anak muda kreatif tersebut. (dikutip dari economy.okezone, Jakarta, Kamis (31/01/19)).

Narasumber Helianti Hilman, CEO & Founder Javara Indonesia, merupakan seorang pengusaha sukses yang telah menduniakan pangan lokal lewat bisnisnya. Di Festival ini beliau berbagi informasi seputar karirnya. Beliau juga berpesan kepada generasi millennial untuk tidak menyerah dan terus berusaha.

Salah seorang pembicara muda, Abi Bayu Aji yang baru berusia 26 tahun sangat menginspirasi lewat bisnis pertanian kopinya. “Omzet per tahun bisa mencapai 12 MIlyar,” tuturnya menyemangati para millenials. Wow!!!

Aktivis Adiwiyata yang biasa disebut “duta” berharap setelah menghadiri acara ini dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas lingkungan dengan terciptanya kader-kader duta lingkungan terbaik dan berprestasi serta dalam upaya menjadikan MAN 9 Jakarta sebagai Greenschool./ma/tlsa

Written by 

Related posts