Jakarta (Humas MAN 9) — Seluruh peserta didik MAN 9 sedang menempuh Penilaian Akhir Semester (PAS) semester ganjil TP 2018/2018. Penilaian berlangsung dari hari Kamis (6/12) sampai Jumat (14/12) yang akan datang.

“Panitia PAS dan tim CBT (Computer Based Test) yang bertugas di PAS kali ini, di bawah koordinasi Wakil Kepala Bidang Kurikulum”, jelas Salahudin, Wakakur MAN 9. “Sebanyak 631 siswa/i mengikuti PAS, dengan perincian:217 siswa kelas 12, 204 siswa kelas 11, dan 210 siswa kelas 10; dari peminatan MIPA, IPS, dan Keagamaan”, tambahnya.

Hari pertama PAS dipantau oleh pengawas satuan pendidikan, Drs. M. Saleh. “Kendala di hari pertama, berupa perangkat siswa yang kurang mendukung harus ditindak lanjut”, saran Saleh. Pengawas sangat mengapresiasi PAS berbasis berbasis teknologi internet ini.

MAN 9 merupakan madrasah tingkat Aliyah di Jakarta Timur yg pertama kali melakukan PAS CBT. Program paper less sudah  dikembangkan di MAN 9 untuk Penilaian Harian, Penilaian Tengah Semester, dan Penilaian Akhir Semester. Awal semester ganjil tahun pelajaran 2018-2019, seluruh guru telah dibekali dengan pelatihan pembuatan soal online selama 2 hari.

Pelaksanaan PAS CBT ini tetap dilaksanakan di kelas. Setiap kelas terdiri dari 2 level kelas yang berbeda. Setiap kelas dilengkapi dengan wifi. Ahli IT MAN 9, Catur Yoga M, menyeting 3 server, masing-masing untuk setiap level. Setiap siswa tidak menggunakan internet, tetapi masuk ke dalam intranet, sehingga tidak memerlukan paket data, siswa tidak dapat mencari jawaban lewat internet. Sebagai antisipasi masalah listrik, panitia juga menyiapkan back up soal dalam aplikasi Schoology.

Seluruh peserta didik antusias dengan dilaksanakannya CBT karena bisa dikerjakan melalui HP dan laptop. Salahudin berharap, “Semoga paper less melalui CBT di MAN 9 semakin baik dan sukses di masa datang./sef/tlsa

 

Related posts