Jakarta (Humas MAN 9) — Tim Tari MAN 9 tampil di acara Pembukaan MTQ KORPRI IV Tingkat Nasional pada hari Ahad malam (11/11), di Padepokan Pencak Silat TMII. Sebanyak 33 personil tari membawakan Tari Puket, tarian Aceh.

“Hadir dalam acara pembukaan Menteri Agama, Gubernur DKI Jakarta, dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta”, ujar Putri, pembina ekskul tari MAN 9. “Tim hanya berlatih 2 hari saja di aula MAN 9 untuk mempersiapkan penampilan”, tambahnya.

Tari Tarek Pukat adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari daerah Aceh. Tarian ini biasanya dibawakan oleh sekelompok penari wanita yang menari dengan menggunakan tali sebagai atribut menarinya. Tari Tarek Pukat ini merupakan tarian menggambarkan tentang aktivitas para nelayan Aceh saat menangkap ikan di laut. Tarian ini biasanya sering ditampilkan di berbagai acara seperti upacara penyambutan, acara adat, dan acara budaya.

Kepala MAN 9, Yessy Anwar menyampaikan rasa bangganya bisa membawa tim tari MAN 9 untuk tampil di ajang nasional. Putri juga menyampaikan rasa bangga dan leganya, “Bangga bisa menampilkan siswi dan mendapatkan apresiasi yang baik dari para penonton”.

Tim Tari MAN 9 rutin berlatih setiap hari Selasa dan Kamis. Latihan yang rutin mulai membuahkan hasil. Beberapa kali memperoleh juara dalam ajang lomba, dan kerap diminta mengisi acara pembukaan kegiatan-kegiatan. Tim Tari MAN 9 juga di bulan yang sama menampilkan kreasi tarinya di ajang internasional Indofest 2018, di Bangkok, Thailand./pi/tlsa

Related posts