Jakarta (Humas MAN 9) — Sebanyak 20 penerima manfaat Beasiswa Laznas BSM Umat dari MAN 9 Jakarta, atau yang disebut Sahabat Pelajar Indonesia (SPI), mengikuti Pelatihan Bela Negara di Markas Komando Dodiklatpur TNI AD, Gunung Bunder Bogor, Sabtu-Ahad (17-18/11).

“Pelatihan Bela Negara ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Laznas BSM Umat untuk seluruh peserta Beasiswa SPI”, Adit, penanggungjawab SPI di MAN 9 menjelaskan. “Tujuannya untuk membentuk karakter kepemimpinan, tanggung jawab & kepedulian peserta beasiswa SPI”, tambahnya.

“Nara sumber pelatihan bela negara sepenuhnya adalah TNI AD dari Dodiklatpur TNI Rindam Jaya”, papar Adit. “Sebanyak 750 peserta SPI dari Jabodetabek mengikuti acara ini”, lanjutnya.

Materi yang diperoleh SPI yaitu Dasar Kedisiplinan, Kepemimpinan, dan Wawasan Kebangsaan. Acara dilengkapi dengan renungan malam, api semangat, dan team work building.

Mikdad, mentor SPI MAN 9 yang turut mendampingi peserta, menyampaikan kesannya terhadap acara, “Acaranya  bagus dan pematerinya juga profesional dalam bidangnya terutama dalam penanaman kedisiplinan”. Mikdad menambahkan, “Di sini dilatih agar peserta menjadi calon-calon pemimpin bangsa yang bedisiplin dan punya karakter yang kuat”.

Deviana, seorang penerima beasiswa SPI MAN 9, menyampaikan kesannya, “Kami banyak mendapat kenalan dari berbagai sekolah. Walaupun lelah, tapi banyak manfaat yang kami dapat. Semua biaya ditanggung oleh Laznas BSM Umat. Kami mendapat seragam kaos loreng. Tronton pun siap menjemput dan mengantar kami ke lokasi bela negara”.

“Semoga dengan pelatihan ini jiwa kepemimpinan dan  nasionalisme peserta SPI dapat terbentuk”, Adit menyampaikan harapannya kepada tim Humas MAN 9./tlsa

Related posts