Jakarta (Humas MAN 9) — Dinas Pendidikan Prov. DKI Jakarta mengundang 3 orang guru Biologi Madrasah Aliyah Negeri untuk bergabung bersama guru Biologi SMA menyusun soal Ujian Sekolah (US). Kegiatan penyusunan soal dilaksanakan Senin s.d Jum’at (29-31/10 dan 1-2/11), di SMAN Unggulan M. Husni Thamrin.

“Sebanyak 122 guru bergabung dalam kegiatan ini. Mereka berasal dari berbagai SMA di DKI Jakarta”, jelas Zubaidah, Ketua MGMP Biologi MA DKI Jakarta. “Perwakilan guru untuk semua mata pelajaran yang diujikan di sekolah mengikuti kegiatan ini”, tambahnya.

“Kisi-kisi telah disiapkan sebelumnya oleh tim penyusun kisi-kisi, jadi tim penyusun soal bekerja menerjemahkan kisi-kisi yang dimaksud ke dalam soal”, papar Rifni, Koordinator penyusunan soal Biologi.

“Sepuluh guru yang mengikuti kegiatan penyusunan soal yaitu 7 orang berasal dari SMAN 7, 8, 32, 39, 97, MHT, dan 3 orang dari MAN 4, 9, dan 13”, tutur Evi, utusan MAN 13 menyampaikan. “Utusan dari MAN 4 yaitu Zubaidan, dan Tinia dari MAN 9”, imbuhnya.

Selama 5 hari penyusunan dilaksanakan, dengan alokasi waktu, 3 hari untuk penyusunan soal, dan 2 hari untuk pembahasan. “Tidak mudah menyusun soal yang baik dan sesuai dengan kisi-kisi”, ungkap Tinia.

Dinas Pendidikan mengundang madrasah dalam kegiatan penyusunan soal, atas inisiatif pengurus MGMP Biolog SMA DKI Jakarta. “Alhamdulillah kami diajak bersinergi dalam kegiatan ini. Selain ilmu semakin bertambah, silaturahim jadi terjalin”, Zubaidah mengungkapkan rasa syukurnya. “Insya Allah akan dilanjutkan dengan pembuatan soal di MGMP Biologi Madrasah Aliyah”, rencana Zubaidah lebih lanjut./tlsa

Related posts