Jakarta (Humas MAN 9) — Jum’at-Sabtu (28-29/9), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi Madrasah Aliyah (MA) DKI Jakarta mengadakan kegiatan Character Building. Kegiatan tersebut dilaksanakan di daerah Caringin Bogor, tepi Sungai Cisadane. Sebanyak 25 orang guru mengikuti acara ini. Sembilan belas Guru Biologi dari MA DKI Jakarta, 1 Guru Biologi dari MAN 1 Bekasi, dan 5 guru mata belajaran lain.

Sekretaris MGMP, Emilia Darmayanti melaporkan, “Madrasah yang mengirimkan utusannya untuk mengikuti kegiatan, yaitu: MAN 4, 8, 9, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 20, 21; MAS Citra Cendekia, Al-Khairiyah, Al-Falah, Al-Muddatsir, An-Najah; MA Al-Azhar Asy-Syarif (Mayasya), dan MAN 1 Bekasi”.

Peserta datang disambut dengan suasana alam desa yang jauh dari hiruk pikuk dan polusi. Penginapan yang digunakan berupa saung bambo dengan tempat tidur barak, namun tetap nyaman, bersih, dan asri.

“Acara dibuka pukul 16.00, dilanjutkan ba’da Maghrib dengan makan malam dan motivasi dengan narasumber Aris Ahmad Jaya, motivator nasional bersertifikat BNSP dan Master Sugesti Indonesia”, tutur Zubaidah, Ketua MGMP. “Pak Aris menyempatkan diri untuk memberikan motivasinya untuk guru-guru, bagaimana menjadi guru inspiratif yang dicintai dan dirindukan siswanya, kemudian dilanjutkan oleh Aris Setiawan, tim ABCo”, lanjut Zubaidah.

“Setelah mengakhiri acara di hari Jum’at dengan snack malam dan hangatnya bajigur, peserta beristirahat dan bangun pukul 03.15 untuk melaksanakan qiyamul lail. Qiyamul lail dipimpin oleh Ust. Mahmud dari Mayasya”, ujar Sri Suripti, Wakil Ketua MGMP. Selesai qiyamul lail, peserta melaksanakan sholat Shubuh berjama’ah dan kultum dari M. Ikhlas (MA An-Najah). “Kegiatan dilanjutkan dengan senam bersama di alam terbuka. Semua sangat menikmati kebersamaan ini”, pungkas Sri.

Acara pelatihan dengan narasumber Tjurningsih Rosdiana, dari Puspendik berlangsung pukul 08.00 setelah peserta bersih-bersih dan sarapan. “Bu Tjatur memaparkan bagaimana seharusnya pembelajaran yang HOTS dan bagaiamana cara merancang penilaian HOTS”, papar Sugiantoro. “Peserta menayangkan beberapa soal yang sudah dibuat dan peserta memberikan pendapatnya. Di akhir tanggapan peserta, narasumber memberikan masukannya”, tambah Sugiantoro.

Puncak acara yang ditunggu-tunggu peserta, yaitu rafting, dilaksanakan setelah makan siang dan sholat Zhuhur. Peserta dibagi ke dalam beberapa tim. Setiap tim menumpangi satu perahu dengan satu pemandu. “Teman-teman merasa diuji nyali dan kekompakan, juga kepasrahannya”, tutur Tinia, salah seorang pengurus MGMP, penuh semangat. “Ada beberapa jeram yang harus dilewati. Di akhir rafting peserta menikmati kelapa muda, dan kembali ke lokasi penginapan dengan mengendarai mobil bak”.

“MGMP Biologi memang dikenal aktif dan kompak. Dengan adanya acara ini, makin terasa kebersamaan dan kekeluargaannya. Semoga kembali menjalankan tugas di sekolah masing-masing dengan penuh semangat dan makin kompeten”, Yulisnaeni, guru Biologi MAN 4 yang juga pengurus MGMP, mengungkapkan pandangannya. “Di penghujung acara ditutup dengan musyafahah dan komitmen untuk terus menghidupkan MGMP demi terasahnya kompetensi dan profesionalitas”, tambah Yulisnaeni./tlsa

Related posts