Jakarta (Humas MAN 9) — Senin-Rabu, 16-18 Juli 2018, peserta didik baru MAN 9 Jakarta mengawali kegiatan mereka dengan mengikuti Matsama (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah). Kegiatan Matsama tahun ini diikuti oleh 220 siswa terdiri dari 89 peserta didik putra dan 131 peserta didik putri. Dari jumlah tersebut, peserta didik yang berasal dari SMP sebanyak 103 dan sisanya 117 peserta didik berasal dari MTs. Panitia pelaksana berjumlah 15 orang  diketuai oleh Bapak Dwi Wahyudi S.Pd yang pelaksanaannya dibantu oleh panitia OSIS MAN  Jakarta. Tema Matsama pada tahun ajaran 2018-2019 ini adalah “Matsama MAN 9 Jakarta Sarana Menjadikan Generasi Emas Berakhlaqul Karimah”. Kegiatan berlangsung dari pukul 06.30 selesai pukul 15.30 setiap harinya, bertempat di aula MAN 9 Jakarta.

Matsama merupakan kegiatan masa orientasi bagi peserta didik baru. Orientasi tersebut bertujuan untuk mengenalkan para siswa dengan lingkungan sekolahnya yang baru, agar mereka dapat beradaptasi, mengenal, mencintai, kemudian mempunyai rasa ikatan kekeluargaan dengan civitas akademi yang lainnya. Selain itu siswa diharapkan mempunyai rasa memiliki, sehingga tumbuh rasa tanggung jawab terhadap kebersihan, keindahan, kerapian dan keamanan sekolahnya yang baru.

Matsama diawali dengan upacara pembukaan. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Kepala MAN 9 Jakarta, Ibu Dra. Yessy Anwar. Pembukaan pelaksanaan matsama ditandai dengan pelepasan balon ke udara, sebagai simbol para peserta didik MAN 9 Jakarta mempunyai cita-cita yang tinggi bersamaan dengan melambungnya balon-balon tersebut ke angkasa. Dengan cita-cita tersebut diharapkan mereka mempunyai motivasi untuk mencapainya dengan belajar lebih giat, lebih tekun, dan disiplin.

Bertindak sebagai nara sumber matsama hari pertama adalah Kepala Madrasah, Ibu Dra, Yessy Anwar yang menyajikan materi Wawasan Widya Mandala, kemudian Wakil Bidang Kurikulum Bapak Salahudin El Fitri, S.Si menyajikan materi Program Kurikulum dan Cara Belajar Efektif.   Acara selanjutnya adalah Sosialisasi Kehumasan yang disampaikan oleh Wakil Bidang Humas   Ibu Hj. Tinia Leyli S.A, S.Pi,M.Si kemudian Sosialisasi Sarana Madrasah disampaikan oleh Ibu Hj. Natalia Rumanti .H, M.Pd. Pelaksanaan kegiatan diakhiri dengan Sholat Asar berjamaah.

Di hari kedua, pihak madrasah mengundang Bapak Aris Ahmad Jaya seorang motivator nasional, Mr. Sugesti Indonesia, yang memberikan materi tentang Training Motivasi. Dengan gaya penyampiannya yang energik dan khas beliau memotivasi para peserta didik baru selama kurang lebih dua jam. Setelah istirahat dan sholat Zhuhur acara dilanjutkan dengan pentas seni dari peserta matsama. Peserta dibagi dalam 15 kelompok, dan masing-masing kelompok mendapatkan kesempatan untuk tampil di panggung yang telah disediakan. Tiga kelompok berpenampilan terbaik diberikan hadiah oleh panitia.

Kegiatan hari ketiga diawali dengan Launching Iqra bil qalam dengan metode follow the line, yaitu menulis Al Qur’an dengan cara menebalkan huruf yang sudah disediakan. Acara berikutnya adalah Demo Ekskul. Sebanyak 25 ekskul yang ada di MAN 9 tampil secara bergantian. Dari serangkaian acara yang ada, demo ekskul ini merupakan acara yang dinantikan oleh setiap peserta, karena mereka ingin tahu ekskul apa saja yang ada di MAN 9 Jakarta dan mereka juga bisa melihat secara langsung ketrampilan dan kemampuan kakak kelas mereka di bidang ekstra kurikuler. Dari demo ekskul ini pula peserta matsama sebagai siswa baru akan menentukan salah satu pilihannya dari ekskul yang ada. Setelah sholat Asar berjamaah acara matsama ditutup dengan Apel dengan pembina Bapak Salahudin El Fitri, S.Si.

Semoga dengan mengikuti Matsama, peserta didik baru lebih cepat kenal dengan lingkungan sekolahnya, sehingga timbul rasa memiliki, rasa cinta, serta akhirnya timbul keinginan untuk berprestasi. (DW)

Related posts