Humas (MAN 9) — Jumat dan Sabtu, 20 dan 21 April 2018 bertempat di aula baru MAN 9 Jakarta, berlangsung kegiatan Bimbingan Teknis Implementasi Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum 2013 Edisi Revisi, dengan tema “Guru Hebat untuk Madrasah Bermartabat”. Hadir dalam acara pembukaan Kepala MAN 9 Jakarta (Dra. Yessy Anwar), Kepala Tenaga Kependidikan MAN 9 Jakarta (Saepudin, S.E), Pengawas Satuan Pendidikan MAN 9 Jakarta  (Drs. M. Saleh) dan narasumber tingkat nasional Bapak Dr. Sutjipto, M.Pd.

Dalam sambutannya, kepala MAN 9 Jakarta menyampaikan bahwa pada awalnya kegiatan Bimbingan Teknis (bimtek) ini akan dilaksanakan pada tanggal 27 dan 28 April 2018, namun dikarenakan pada tanggal tersebut bapak Dr. Sutjipto, M.Pd. mengisi pelatihan guru-guru Madrasah se-provinsi Banten di Madrasah Aliyah Insan Cendekia Serpong Banten, maka kegiatannya dimajukan menjadi tanggal 20 dan 21 April 2018. Selanjutnya, Ibu Kepala menyampaikan bahwa kegiatan bimtek diikuti oleh seluruh guru MAN 9 Jakarta ditambah dengan 8 orang utusan guru dari Madrasah Swasta Anggota Kelompok Kerja Madrasah (KKM) 9 Jakarta. Adapun maksud diadakannya bimtek adalah memberikan pemahaman dan bimbingan kepada seluruh peserta terkait dengan perubahan mind set dan regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam implementasi Kurikulum 2013 edisi revisi.  Ibu Dra. Yessy Anwar menyampaikan harapan agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehingga tema kegiatan yang diusung dapat tercapai. Menutup sambutannya, Ibu Dra. Yessy Anwar menyampaikan bahwa kegiatan bimtek sekaligus menandai diresmikannya penggunaan Aula MAN 9 Jakarta.

Pada sesi awal (Jum’at pagi sampai dengan break shalat Jum’at) dalam kegiatan bimtek, Bapak Dr. Sutjipto, M.Pd. menyampaikan terlebih dahulu mengenai perubahan mind set yang harus diketahui dan dipahami oleh setiap guru.  Beliau menyampaikan bahwa ada 4 standar yang berkaitan langsung dengan guru, yaitu Standar Kompetensi Lulusan (Permendikbud No. 20 Tahun 2016), Standar Isi (Permendikbud No. 21 Tahun 2016),  Standar Proses (Permendikbud No. 22 Tahun 2016), dan Standar Penilaian (Permendikbud No. 23 Tahun 2016). Selama dua hari bimtek seluruh peserta fokus untuk menganalisis Permendikbud no. 24 tahun 2016.  Terlihat, dari semenjak hari Jum’at siang sampai hari terkahir pelaksanaan kegiatan, seluruh peserta begitu antusias dan bersemangat mengikuti arahan dan bimbingan yang diberikan oleh Bapak Dr. Sutjipto, M.Pd sebagai narasumber. Pak Tjip, begitu sapaan beliau, membimbing guru berlatih menganalisis 8 komponen dalam RPP, sehingga tak terasa di akhir pertemuan selesailah ke delapan komponen tersebut. Peserta tidak diajak membuat RPP, tapi diajak untuk memahami dan membedah, membuat satu per satu dari 8 komponen dalam RPP dan hasil akhirnya adalah 1 buah RPP dari 1 pasang KD Pengetahuan dan Keterampilan.

Pada akhirnya, kegiatan Bimbingan Teknis Implementasi Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum 2013 Edisi Revisi ini resmi ditutup oleh Pengawas Satuan Pendidikan MAN 9 Jakarta Bapak Drs. M. Saleh. Pengawas yang mendampingi peserta selama dua hari, menyampaikan bahwa pada saat sekolah mengadakan suatu kegiatan hendaknya mengacu kepada Sasaran Kinerja Pegawai (SKP). Bapak Pengawas mengajak peserta melihat Permendikbud nomor 13 tahun 2016. “Baiknya dipilih bentuk kegiatan yang angka kreditnya lebih besar”, demikian yang disampaikan Beliau. Pengawas juga menyampaikan bahwa antusiasme peserta terhadap kegiatan sebesar 89,5%.

Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini, pendidik di MAN 9 Jakarta beserta KKM-nya lebih siap membuat perangkat yang memang dibutuhkan, dan hanya guru yang paling memahami skenario apa yang akan dijalankan dalam pembelajaran, Semoga “Guru Hebat untuk Marasah Bermartabat”, dapat terwujud. (ARA & TLSA)

Related posts