Jakarta (Humas MAN 9) — Selasa (10/4), Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama Republik Indonesia Tim Pengendali Teknis Audit, Ro’ikhatul Azizah, melakukan monitoring/pemantauan dan evaluasi (monev) Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di MAN 9 Jakarta. Ibu Azizah memutuskan berkendaraan motor untuk melaksanakan monev ke empat Madrasah Aliyah Negeri di hari itu, yaitu MAN 8, 20, 9, dan ditutup pemantauan ke MAN 18 Jakarta, dengan ditemani oleh Sofian, staf dari kantor Kemenag Kota Jakarta Timur. Pilihan yang tepat karena lebih efektif dan efisien.

Tahun 2018, dari data nasional, sebanyak 7.002 madrasah aliyah melaksanakan UNBK dengan 417.025 peserta, 67,8% mandiri, sisanya yang menumpang dan kesetaraan. Di MAN 9 Jakarta jumlah peserta UNBK sebanyak 195 orang, dengan komposisi 105 orang dari Program MIPA, 66 orang Program IPS, dan 24 orang Program Keagamaan.  Ruang ujian yang digunakan sebanyak 3 ruangan tes dengan 4 unit server. Setiap ruang ditempatkan 2 orang pengawas, dengan 1 orang proktor. MAN 9 juga memiliki teknisi handal, yaitu Catur Yoga M, S.Kom. Proktor yang bertugas yaitu Sukardi, S.Pd, Arif Rahmat Akbar, S.Sos, dan Riher Agus Maulana Rustama, S.Si.

UNBK berlangsung dari hari Senin sampai Kamis, 9 sampai 12 April 2018. Pelajaran yang diujikan berturut-turut adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan 1 mata pelajaran peminatan pilihan. Mata pelajaran peminatan untuk Program MIPA yaitu Fisika/Kimia/Biologi, Ekonomi/Sosiologi/Geografi untuk peminatan IPS, dan mata pelajaran Tafsir/Hadits/Fiqih untuk Program Keagamaan. Dalam satu hari dilaksanakan 2 sesi ujian.

Ibu Azizah dalam kunjungannya menyatakan sangat senang dan nyaman berada di MAN 9 Jakarta, “Walaupun MAN 9 tidak luas lahannya, tetapi semua kebutuhan ruang tercukupi dan sangat nyaman.” Ibu Azizah didamping Kepala MAN 9 sekaligus Ketua Panitia UNBK, Ibu Dra. Yessy Anwar, meninjau, ruang UNBK dan ruang-ruang lain yang ada di MAN 9 Jakarta. Alhamdulillah UNBK berjalan lancar 9-10 April 2018, saat Ibu Azizah memantau pelaksanaan UNBK. Sekretaris UNBK MAN 9 Jakarta, H. Salahudin El Fitri, S.Si dan seluruh panitia UNBK berusaha melaksanakan UNBK sesuai POS UNBK. Semoga UNBK berjalan lancar sampai hari terakhir, Kamis 12 April 2018. (TLSA)

 

Related posts

Leave a Comment