Jakarta (Humas MAN 9) — Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 9 Jakarta dari tahun ke tahun selalu menerima mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai universitas untuk melaksanakan PPL/PKM/Magang selama 2 sampai 4 bulan. Dengan begitu berat hati, pelaksanaan PPL/PKM/Magang pun telah berakhir seiring berjalannya waktu.  Pada hari Rabu, 29 November 2017 tepat pukul 10.00 WIB MAN 9 Jakarta mengadakan acara penutupan mahasiswa PPL/PKM/MAGANG dari universitas UNJ, UHAMKA dan UIA.  Kepala MAN 9 Jakarta Dra. Yessy Anwar menutup dengan resmi kegiatan ini. Ibu kepala sekolah MAN 9 Jakarta menyampaikan sambutan dan pesan bahwasanya seorang guru harus memiliki 4 kompetensi yaitu, kompetensi pedagogik, kompetensi pribadi, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Dengan mengajar di MAN 9 Jakarta ini, mahasiswa PPL/PKM/Magang diharapkan dapat menjadi seorang guru yang arif, bijaksana juga profesional.

Acara penutupan tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa PPL/PKM/Magang saja, melainkan juga dihadiri oleh dosen pembimbing, wakil kepala MAN 9 Jakarta, serta guru-guru pamong setiap mata pelajaran. Dosen pembimbing perwakilan UIA, menyampaikan sambutan dan juga ucapan terimakasih kepada MAN 9 Jakarta yang telah menerima mahasiswa PPL/PKM/Magang dari universitas UNJ, UHAMKA dan UIA dengan sangat baik serta ikhlas menyampaikan ilmu-ilmu. Tak juga lupa ibu dosen pembimbing mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Ketua PPL/PKM/Magang, Gana Dwiaji Anggoro, mewakili teman-teman yang lain menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak sekolah yang telah membantu selama program ini berlangsung. “Tanpa kerja sama yang baik, program ini tidak akan terlaksana sebagaimana mestinya. Kehadiran guru pamong selalu membimbing serta dengan bijaksana memberikan arahan-arahanya sehingga bisa belajar menjadi seorang guru yang semestinya.” Selanjutkan ketua PPL/PKM/Magang memberikan kenang-kenangan untuk MAN 9 Jakarta.

Acara penutupan ini juga dihadiri oleh perwakilan siswa kelas X dan XI. Mereka menyampaikan pesan dan kesan untuk mahasiswa PPL/PKM/Magang. Tim mahasiswa PPL/PKM/Magang menampilkan sebuah musikalisasi yang berjudul Potret Guruku karya M. Sinar Hadi dibawakan dari prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Ariza Triwardana, Annisa Awaliyah, dan Shinta Yulianingsih. Tidak hanya dari mahasiswa PPL/PKM/Magang, perwakilan siswa dari kelas XI IPS 1 yaitu Riza dan Nizar, menampilkan silat. Perwakilan dari XI IPS 2 juga mempersembahkan satu lagu sambil memainkan gitar.

Acara ini ditutup dengan mengabadikan momen, yaitu berfoto bersama dengan ibu kepala MAN 9 Jakarta, dosen pembimbing, guru pamong serta mahasiswa PPL/PKM/Magang. Semoga ikatan silaturrahim antara pihak kampus dan MAN 9 Jakarta terjalin  dengan baik hingga seterusnya. Aamiin. (Mahasiswa/i PPL/PKM/Magang 2017)

Related posts