Jakarta (Humas MAN 9) — Siapa yang tak pernah membeli minuman botol? Ya, pasti semua orang pernah membeli minuman botol. Lalu setelah isinya habis dikemanakan botol tersebut? Dibuang ke tempat sampah atau dibuang secara sembarang sampah botol tadi? Kebanyakan sih pasti dibuang sembarangan ya. Kesempatan inilah yang diambil oleh perusahaan yang bergerak di bidang lingkungan untuk menunjukan aksinya. Ya, PT. Waste4Change Alam Indonesia telah menciptakan sebuah tempat sampah khusus botol yang amat cantik. Tempat sampah yang didisain khusus untuk botol ini bewarna merah dengan lubang di tutup atas tempat sampahnya yang berfungsi sebagai tempat memasukan sampah botol.

PT. Waste4Change Alam Indonesia ini telah memberikan tempat sampah ini ke beberapa sekolah adiwiyata, salah satunya MAN 9 Jakarta. Ya, MAN 9 telah dipercaya dan diamanahkan oleh perusahaan tersebut untuk bisa mengubah pola pikir warga MAN 9 tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Ibu Natalia Rumanti Hartono, M.Pd, wakil bidang sarana prasarana didampingi Tinia Leyli Shofia Ahmad, S.Pi, M.Si., sebagai ketua Tim Adiwiyata MAN 9 Jakarta menerima dropbox ini pada tanggal 20 Oktober 2017.

Acara launching tempat sampah ini dilaksanakan pada hari Senin, 23 Oktober 2017 di lapangan MAN 9 Jakarta, bersamaan dengan launching Metode Menulis Al-Qur’an Follow the Line dan pembukaan kegiatan lomba Bulan Bahasa. Ibu Tinia menjelaskan asal muasal tempat sampah tersebut, penggunaannya, dan teknis pengelolaannya. Setelah penjelasan dari Ibu Tinia, secara simbolis Kepala MAN 9 Jakarta, Ibu Dra. Yessy Anwar, Ketua Komite MAN Bapak H. Saugy Havis, perwakilan guru Bapak Drs. H. Amri, MM, dan perwakilan siswa, memperlihatkan cara memasukkan sampah botol plastik ke dalam dropbox.

PT. Waste4Change Alam Indonesia ini bekerja sama dengan PT. Coca Cola Foundation yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memilah sampah. Meskipun tidak semua sekolah mendapatkan tempat sampah ini, tetapi perusahaan tersebut berharap kepada sekolah yang menerimanya akan membawa dampak positif kepada lingkungan sekitarnya.

Lalu apa keuntungan kami sebagai pengumpul botol plastik tersebut? Jadi, perusahaan akan mengambil sampah botol plastik yang sudah dikumpulkan sesuai dengan ketentuan dan selanjutnya akan diolah oleh mereka menjadi barang-barang yang berguna, salah satunya tas keren ini. Dan nantinya tas ini akan diserahkan ke MAN 9 Jakarta.

Sangat keren kan tasnya! Tak menyangka sampah botol plastik yang selama ini kita abaikan berubah menjadi tas yang sangat keren. Semoga dengan adanya tempat sampah ini, masyarakat lebih terdorong untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Salam Adiwiyata!!! (Milda & Asma_X MIPA 2_Duta Adiwiyata)

Related posts

1 thought on “Tempat Sampah Penghasil Tas Cantik”

  1. Hi, this is a comment.
    To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
    Commenter avatars come from Gravatar.

Comments are closed.